Kamis, 10 Oktober 2013

Tips-Tips Dasar Memulai E-Commerce

1.Plan for profit
Sebelum membuka situs jual beli online, sebaiknya seorang penjual mendefinisikan dan merencanakan terlebih dahulu berapa besar keuntungan yang hendak ia dapatkan. 

2.Define your goal
Seseorang yang akhirnya memutuskan untuk berjualan online juga perlu mempertimbangkan apakah ia akan menjadi penjual full timer, part timer, atau B2B (Business to Business). Alasannya, ini akan menuntun seseorang dalam membuat rencana bisnis dalam jangka pendek maupun jangka panjang. 

3.Research
Sebelum menentukan harga jual pada setiap produk, sebaiknya penjual melakukan riset harga produk-produk serupa yang dijual oleh orang lain. Denny menyarankan untuk tidak memasang harga yang terlalu murah. Sebab, pelanggan yang akan datang adalah tipe discount hunter atau orang-orang yang membeli produk dengan harga yang paling murah. 

4.Define your value
Berbisnis online jangan seperti menggunakan kacamata kuda. Seorang penjual harus betul-betul memahami siapa kompetitornya dan apa value yang ditawarkan oleh kompetitornya tersebut. Dengan begitu, ia bisa menentukan value atau keunggulan apa yang ia miliki dan berbeda dibandingkan kompetitornya. 

5.Outsourcing
Membangun situs untuk berjualan online tentu membutuhkan pengetahuan-pengetahuan mumpuni tentang teknis. Misalnya, bagaimana membeli nama domain, atau bagaimana mengoptimalkan SEO agar situs yang dimiliki bisa tampil di halaman pertama Google, atau bagaimana cara mengelola media sosial. Di tahap ini, penjual bisa memutuskan, apakah ia akan mengerjakan semua hal tersebut sendirian atau meminta bantuan orang lain yang lebih ahli. 

6.Customer relationship
Goal-nya adalah service yang terbaik,” ungkap Denny Santoso. Menurutnya, hal paling utama dalam menjalankan sebuah e-commerce adalah bagaimana melayani pelanggan dengan sebaik-baiknya. Misalnya, apa yang akan dilakukan oleh seorang penjual ketika pembeli memperoleh barang yang sudah rusak, perlukah si pembeli itu mengirimkan kembali produk rusak tersebut ke penjual, atau penjual langsung mengirimkan barang yang baru sebagai pengganti. Selain itu, mekanisme follow up juga bisa mempengaruhi hubungan antara penjual dan pembeli. 

7.Product management
Penjual perlu memikirkan dan merencanakan manajemen produk yang ia tawarkan, seperti profit margin-nya atau strategi memilih reseller yang tepat. Product management ini pun tergantung apa jenis produk yang dijual. “Kalau yang dijual punya market terbatas, mekanisme yang dipunya harus strategic,” saran pria asal Malang tersebut. 

8.Dropship and stock available
Memilih partner berbisnis atau memilih supplier yang tepat dalam menjalankan bisnis online adalah salah satu tips dasar menjalankan e-commerce yang dipaparkan oleh Denny Santoso. Dalam menjalankan e-commerce-nya, Denny selalu memilih mitra kerja based on relationship.

     

    Tidak ada komentar:

    Posting Komentar